Obat Alternatif? Apakah Aman Atau Sekadar Viral

Tak melulu sekali dua kali Indonesia diciptakan gempar dengan pengobatan pilihan yang peminatnya hingga rela mengantre berhari-hari. Meski demikian, perlu dikenang bahwa pengobatan pilihan bukan pengganti penyembuhan medis. Belum lagi andai pengobatan pilihan masih belum teruji secara ilmiah.

Tentu setiap pribadi ingin tahu seberapa aman praktik atau produk kesehatan tertentu sebelum menggunakannya. Tentu parameter “aman” ini hanya dapat disematkan sesudah ada uji ilmiah tertentu.

Pengobatan Alternatif


Kerap kali, pengobatan pilihan yang viral tidak jelas asal-usulnya dari mana. Orang tidak sedikit mendengar dari mulut ke mulut, dari testimoni orang lain, dan kebiasaan masyarakat Indonesia biasanya percaya dan menempatkan urusan ketenteraman di nomor sekian.

Pengobatan alternatif, aman atau tidak?


Untuk unik batasan yang tegas antara pengobatan pilihan aman dan tidak, Anda butuh tahu risiko dan manfaatnya. Beberapa pengobatan pilihan yang lumayan populer di antaranya :


  • Akupuntur


Teknik penyembuhan tradisional dari Tiongkok ini memakai jarum guna menstimulasi titik-titik spesifik pada tubuh. Akupuntur bertujuan untuk menolong proses pengobatan alami dalam tubuh. Berdasarkan keterangan dari studi, akupuntur dapat menanggulangi masalah laksana sakit punggung, mual, khawatir berlebih, depresi, insomnia, dan tidak sedikit lagi. Saat ini akupuntur telah menjadi di antara cabang ilmu spesialis di kedokteran.


  • Yoga dan meditasi


Teknik meditasi dalam yoga pun dapat dinamakan sebagai pengobatan pilihan yang aman sebab tidak memasukkan zat apapun ke dalam tubuh. Yoga menolong seseorang memperhatikan tubuhnya lebih baik sampai-sampai tahu apa yang diperlukan tubuh.


  • Chiropractic


Praktik chiropractic konsentrasi pada struktur tubuh, terutama faedah tulang belakang. Pakar chiropractic bakal menggunakan pelbagai teknik guna menyesuaikan tulang belakang atau unsur tubuh lainnya ke postur ideal. Di samping masalah tulang belakang, chiropractic pun efektif menanggulangi sakit kepala sampai nyeri di leher.


  • Obat herbal


Ada tidak sedikit pengobatan pilihan yang menyerahkan obat-obatan herbal. Berdasarkan keterangan dari World Health Organization, minimal 80 persen warga dunia memakai obat-obatan herbal guna mengatasi sekian banyak  masalah kesehatan. Meski demikian, suplemen herbal perlu diperlihatkan apakah benar-benar aman dan efektif sebelum dikonsumsi.


  • Ayurveda


Salah satu cara kesehatan tertua di dunia ialah Ayurveda yang berasal dari India. Sejak ribuan tahun lalu, penyembuhan Ayurveda mengacu pada diet spesial, obat herbal, sampai praktik yang unik. Meski demikian, belum terdapat uji klinis untuk memperlihatkan efektivitas Ayurveda.

Jangan gampang percaya penyembuhan alternatif


Ada banyak dalil mengapa pengobatan pilihan usahakan tidak serta-merta dipercaya. Apabila terdapat pengobatan pilihan yang menjanjikan hasil instan dan terlampau mudah, usahakan cari tahu lebih jauh.

Beberapa klaim yang dipasarkan pengobatan pilihan namun butuh dipertanyakan kebenarannya merupakan:


  • Janji kesembuhan


Biasanya dibuntuti dengan ucapan-ucapan seperti obat ajaib, terobosan sains, kandungan rahasia, atau ramuan nenek moyang.


  • Menyembuhkan segalanya


Skeptislah pada pengobatan pilihan yang mengklaim dapat menyembuhkan segala penyakit sekaligus. Tentunya, tak dapat satu produk saja dapat menjadi obat untuk sekian banyak  keluhan kesehatan.


  • Testimoni


Terkadang, orang gampang percaya pada pengobatan pilihan karena telah mendengar langsung testimoni dari pemakai sebelumnya. Namun ingat, testimoni tidak sama dengan uji ilmiah. Bisa saja apa yang dirasakan seseorang sampai merasa sembuh sesudah menjalani pengobatan pilihan tertentu tidak terjadi karena hal itu saja. Jangan lupa pun ada efek samping atau gagal penyembuhan yang tidak diceritakan.


  • Harus berebut guna mendapatkannya


Jangan terlampau percaya klaim yang mewajibkan seseorang guna berebut atau mengantre berhari-hari guna mendapatkan pengobatan pilihan tertentu. Bisa saja tersebut adalahteknik marketing untuk menciptakan seseorang terburu-buru melakukan pembelian sesuatu sebelum menggali tahu lebih jauh.


  • Natural belum pasti aman


Kini ada tidak sedikit label natural yang dicantumkan pada sekian banyak  produk penyembuhan alternatif. Namun ingat, natural belum pasti aman. Produk-produk penyembuhan herbal atau vitamin dan mineral tertentu dapat saja memunculkan efek samping tertentu untuk tubuh seseorang bilamana dikonsumsi dalam takaran tertentu.

Untuk itu, sebelum percaya dengan klaim dari pengobatan pilihan tertentu, jajaki cari tahu lebih jauh siapa yang menggagasnya. Apa latar belakang edukasi dan spesialisasinya hingga dapat membuat pengobatan pilihan tertentu yang dianggap lebih ampuh ketimbang penyembuhan medis.

Apabila kita sebelumnya sudah mengonsumsi penyembuhan medis, cari tahu pun apakah ada bisa jadi terjadi komplikasi atau reaksi negatif bilamana kedua cara pengobatan bertolak belakang ini dikonsumsi bersamaan.

Pengobatan pilihan ada sebagai petunjuk bukan pengganti penyembuhan medis konvensional. Mempercayakan pengobatan untuk ahlinya cocok dengan spesialisasi mereka dapat jadi ialah pilihan yang paling arif untuk menanggulangi penyakit Anda.